SEO.Traffic.Blogging dan Modifikasi Template.Review

12 cara paling efektif untuk meningkatkan daya ingat otak

by Unknown , at 11.21 , has 14 komentar
kesehatan otak

  •  Jaga kondisi fisik-dengan makan makanan bergizi dan teratur serta melakukan olah raga rutin untuk menjaga stamina. Kondisi fisik yang prima akan lebih memudahkan kita dalam menerima input sehingga proses penyimpanan ke daya ingat menjadi lebih mudah.
  •  Libatkan semua panca indra-saat menerima informasi baru. Semakin banyak panca indra kita libatkan untuk mengingat informasi baru semakin kuat ingatan kita merekam informasi tersebut. Meskipun ada gadget canggih di tangan Anda latihlah panca indra Anda untuk mengingat lebih banyak hal.
  • Lakukanlah relaksasi secara teratur-Relaksasi efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat Anda dengan secara sadar mengurangi ketegangan otot-otot sebelum mempelajari hal baru.
  • Hindari obat penenang-zat yang menimbulkan kantuk dan berbagai zak kimia lain yang berpotensi menurunkan daya ingat Anda. Segala zat yang membius otak termasuk alcohol, benzodiazepin (biasa untuk terapi ganguan kecemasan) dan obat penenang lain menghambat fungsi optimal daya ingat anda. Jika ingin santai, makanlah makanan berkarbohidrat tinggi yang merangsang produksi tritofan dan bertindak sebagai penenang alami.
  • Tidurlah yang cukup-Saat kita terlelap terutama beberapa jam di awal tidur, otak kita akan menyibukan diri memproses segala informasi yang kita pelajari sebelumnya. Hal ini tentu akan menambah kemampuan daya ingat.
  • Lakukan Senam Otak-Dengan melakukan senam otak secara teratur dapat menigkatkan kemampuan otak anak kita agar bisa berfikir cepat dan mengingat segala sesuatu. Senam otak disini sangat banyak macamnya anda bisa browsing di google, yang jelas dengan senam otak adalah metode yang sangat tepat dalam melatih kemampuan otak kita.
  • Permainan Otak (Strategy)-Salah satu metode yang membantu meningkatkan daya ingat otak adalah bermain game yang memerlukan pemikiran khusus dalam menyelesaikannya biasanya game ini bergenre game strategy. Karena secara tidak langsung game ini menstimulus otak kita agar mengingat sesuatu yang dilakukannya.sehingga game pada anak tidak selalu merugikan.
  • Istirahat Yang Cukup dan Olahraga-Yang ketiga diperlukan istirahat yang cukup dan olahraga yang maksimal bagi anak  untuk meningkatkan daya ingatan, kedua hal ini perlu dilakukan sebab dapat mengurangi kadar stress atau depresi dalam tubuh kita, dimana stress dapat menurunkan kadar konsentrasi kita dalam berpikir sehingga daya ingat juga ikut menurun kinerjanya.
  • Konsumsi Makanan Sehat-Hampir semua yang berhubungan dengan kesehatan pasti memerlukan makanan sehat, begitupula dengan cara meningkatkan daya ingat juga memerlukan nutrisi pendukung yang membantu meningkatan kinerja otak kita dalam mengingat sesuatu.
  •  Mengunyah Permen Karet-Penelitian pada tahun 2002 yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mengunyah permen karet memberikan hasil yang lebih baik pada uji ingatan jangka-panjang dan jangka pendek dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunyah apa-apa. Para ilmuwan menduga, tindakan mengunyah permen karet akan menghasilkan air liur yang meningkatkan denyut jantung; atau ia mempengaruhi fungsi daerah otak yang diberi nama hippocampus yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin sebagai persiapan untuk metabolisme makanan.
  • Makanan Antioksidan-Untuk menjaga ingatan tetap muda meski otak mulai menua, ilmuwan menyarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, apel, pisang, sayuran berwarna hijau tua, bawang, dan wortel. Antioksidan merupakan molekul yang dengan mudah mengikat dan menetralkan elektron yang disebut dengan "radikal bebas" yang berkeliaran secara bebas di aliran darah. Radikal bebas ini bertambah seiring usia dan bisa membunuh otak. Yang kedua, sebagian besar otak terbuat dari lemak sehat, termasuk yang paling penting adalah omega-3. Agar supaya otak bisa memperbaiki dirinya sendiri dan menjadi neuron-neuron tersambung dengan benar, kita harus memberikan makanan yang tepat buat otak. Nah, omega-3 ditemukan di banyak jenis ikan dan kacang-kacangan.
  • Jalan kaki-Namun penelitian pada tahun 2011 memberikan kabar bagus: orang dewasa yang beranjak tua yang rutin melakukan jalan kaki dapat mempertahankan volume hippocampus. Penelitian yang dipimpin oleh Arthur Kramer dari University of Illinois-Urbana Champaign itu melibatkan 60 orang dewasa berusia 55 sampai 80 tahun. Mereka melakukan jalan kaki tiga kali seminggu masing-masing selama 40 menit. Aktivitas yang cukup untuk meningkatkan denyut jantung mereka. Peserta lain sejumlah yang sama melakukan latihan pengencangan otot latihan beban, yoga, dan peregangan, dalam intensitas yang sama.

Diambil dari berbagai referensi :


cara meningkatkan daya ingat,cara meningkatkan daya ingat(memori),5 cara efektif untuk meningkatkan daya ingat, 12 cara efektif meningkatkan daya ingat,lima cara ampuh meningkatkan daya ingat.

 12 cara paling efektif untuk  meningkatkan daya ingat otak
About
12 cara paling efektif untuk meningkatkan daya ingat otak - written by Unknown , published at 11.21 . And has 14 komentar
14 komentar Add a comment
Wahhh..terima kasih banget atas tipsnya nih bang.
Reply Delete
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Delete
@Rizki Cahya Permana mksih atas awardnya
Reply Delete
wah ...
Tips nya sangat bermanfaat nich ...
:D

mampir :)
Reply Delete
iya bner banget tuh , biar gaak pikun .. heheh
nice info gan ...
Reply Delete
13. perbanyak ngasi pinjaman, dijamin bakal meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat :p
Reply Delete
tips yang perlu dipraktekin nih,makash gan.
Reply Delete
kunjungn balik ni gan..info blog yang bagus gan..
Reply Delete
ia ni, dah baca info ini saya bisa mikir ;D !
Reply Delete
makasih informasinya ... perlu di coba tipsnya
Reply Delete
Postnya memberi masukan kepada saya, terimakasih
Reply Delete

1. Jangan Jadi SILENT READER ya Sob. :)
2. Berkomentarlah sesuai dengan kewajaran dan bersifat membangun (NO SARA, NO PORN*)
3. Tidak Berisi Singgungan Terhadap Pihak Lain
4. Hindari Penggunaan Anchor Link (Link Aktif) seperti < href=namadomain> karena komentarnya tidak akan di moderasi
5. Gunakan Fasilitas Nama/Alamat URL sebagai alternatif Link Anchor
6. Blog ini tidak menggunakan vertifikasi kata demi kenyamanaan anda

Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Adhit_Megazine|Blog'S
Theme designed by Damzaky - Author By Afrilla Chitra Adhitya
Powered by Blogger